Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita dan 7 Makanan untuk Kesehatan Wanita

27 Agt 2012


Apabila Anda seorang wanita yang telah memasuki usia kematangan seksual maka menjaga kesehatan reproduksi adalah suatu hal yang penting. Pada usia tersebut Anda dianjurkan untuk melakukan pendeteksian dini terhadap kanker atau kista pada bagian reproduksi atau papsmear. Bila tidak dijaga dan dirawat dengan baik, organ reproduksi wanita mulai dari vagina hingga rahim sangat rentan untuk terkena berbagai macam gangguan kesehatan.
Gangguan yang umum terjadi pada hampir setiap wanita adalah keputihan. Apabila vaginitis dibiarkan berlarut larut akan dapat mengganggu kesuburan bahkan hingga memicu kanker serviks atau kanker mulut rahim. Keguguran janin di dalam rahim sering terjadi akibat Kista dan Mioma yang tidak terdeteksi. Pada stadium lanjut, kista atau mioma tersebut harus diangkat melalui operasi. Jadi jangan anggap sepele kesehatan reproduksi Anda yaa….
Banyak sebab yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita, akan tetapi penyebab yang paling umum adalah pola makan yang kurang sehat karena mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan kebersihan yang kurang higienis. Akan tetapi kanker serviks dan kista bisa saja dipicu oleh faktor genetis.
Saat ini sudah banyak produk yang bisa Anda gunakan untuk merawat kesehatan  reproduksi Anda. Anda bisa memilih produk kesehatan reproduksi yang sesuai dengan Anda atau terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Produk-produk kesehatan reproduksi tersebut biasanya mempunyai beberapa manfaat sekaligus, diantaranya untuk:
1. Mengaktifkan dan melenturkan kembali otot vagina.
2. Menambah kepekaan vagina terhadap daya rangsang.
3. Membantu menghilangkan bau tidak sedap divagina.
4. Membuat aroma vagina menjadi lebih menyegarkan.
5. Membunuh kuman atau bakteri merugikan.
6. Mencegah dan menyembuhkan keputihan.
7. Membersihkan kerak atau kotoran di selaput vagina.
8. Menyembuhkan iritasi diselaput vagina.
9. Mencegah terjadinya kanker alat reproduksi wanita.

7 Makanan untuk Kesehatan Wanita



Seperti diketahui, buah merah ini kaya akan kandungan likopen yang memainkan peran penting dalam menangkal kanker payudara dan leher rahim. Bahkan sebuah studi menunjukkan konsumsi tomat dapat menyehatkan jantung. Setelah mengamati hampir 40.000 wanita, para peneliti asal Boston menyimpulkan, likopen juga melindungi jantung. Untuk meningkatkan kadar antioksidan dan likopen, disarankan untuk mengonsumsi tomat setelah dimasak.

Biji flax (sejenis rami, seperti wijen, Linum usitatissimum) merupakan makanan yang kaya manfaat. Pada dasarnya flax terbagi dua varietas, yakni flax coklat dan kuning keemasan. Flax biasanya diolah untuk industri linen dan minyak biji rami.
Para ahli dari Mayo Clinic menemukan, 40 gram biji rami dapat mengurangi gejala serangan panas yang kerap dialami wanita menopause. Beberapa laporan menunjukkan rami dapat menurunkan kolesterol "jahat" atau LDL dan trigliserida. Dalam studi di Cina diketahui manfaat tersebut lebih jelas pada wanita. Sementara itu pada flax cokelat atau emas, memainkan peran dalam memerangi kanker payudara.
Peringatan: Wanita hamil dan ibu menyusui tidak disarankan mengonsumsi biji rami.

Banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari sayur yang satu ini, khususnya bagi perempuan. Kubis mengandung antioksidan seperti lutein dan zeazanthin yang berfungsi dalam melindungi mata. Selain itu, kubis juga mengadung vitamin K yang baik dalam pembangun tulang. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang makan diet kaya vitamin K, mempunyai risiko lebih rendah mengalami patah tulang pinggul.

Salmon termasuk dalam smber omega-3 yang paling baik. Pada ibu hamil, studi menunjukkan bahwa minyak ikan (omega-3) turut membantu dalam mengatasi  kesedihan pasca persalinan. Manfaat lainnya adalah meningkatkan fungsi sambungan saraf dalam otak janin.

Cranberry adalah obat alami yang dipercaya mampu mengobati infeksi saluran kemih ISK pada perempuan dan telah banyak direkomendasikan oleh para ahli. Buah ini mengandung antioksidan yang berfungsi  mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih, yang merupakan tempat berkembang biak bakteri dan menyebabkan infeksi. Temuan tersebut berdasarkan hasil studi terbaru yang menguji konsentrasi ekstrak cranberry.
Dosis yang tepat: Bervariasi. Tapi sebaiknya minum jus cranberry yang 100 persen tawar (60 kalori per cangkir) untuk menghindari kelebihan gula.

Sebagian besar diantara kita mungkin belum banyak yang mengenal soal Yogurt Yunani. Yogurt ini memang berbeda dengan yogurt pada umumnya. Yogurt Yunani menawarkan dua kali lipat protein lebih baik (dibandingkan jenis yogurt lainnya) dengan sedikit gula.
Rendahnya tingkat karbohidrat turut membantu kita menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu, studi menunjukkan bahwa makanan dengan tingkat protein yang tinggi (30 persen kalori) membantu wanita dalam menurunkan berat badan dan memelihara otot.

Studi terbaru menunjukkan, hanya mengonsumsi dua ons kenari per hari membantu memperlambat perkembangan kanker payudara dan memperlambat pertumbuhan tumor (hasil uji coba pada tikus). Kenari mengandung antioksidan yang disebut pitosterol, dimana memiliki peran penting dalam melawan kanker. Bahkan lemak nabati omega 3 pada kenari ampuh mencegah pergantian tulang yang berlebihan yang membuat tulang kuat dan sehat.

Trimakasih atas kunjungannya, semoga Wacana ini bisa menambah pengetahuan dan bisa lebih menjaga kesehatan anda semua, Karna mencegah adalah tindakan yang paling cerdas saat Anda berurusan dengan kesehatan reproduksi. Sesal kemuadian tiada guna.............!!!!!!!!!!!





SILAHKAN GUNAKAN FACEBOOK COMMENTARNYA JIKA TIDAK MEMILIKI URL BLOG ATAU SITUS LAINNYA SOB...?? TRIMAKASIH.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

Pengikut