Manfaat Buah dan Biji Alpukat untuk Kesehatan

29 Des 2012

Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah alpukat adalah buah yang sangat terkenal di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini sangat nikmat jika dijadikan jus. Aromanya yang khas bila dijadikan jus mengundang selera untuk menelannya hingga habis di gelas. Saya sendiri pernah ( tidak sering ) beli di sebuah warung jus alpukat dan sangat nikmat diminum di tengah hari yang terik. Buah alpukat bisa anda dapatkan di super market dan pasar kaki lima atau di toko dan pasar buah.

Di balik rasa dan aromanya yang khas, mungkin anda tidak tahu manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Buah alpukat memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu melalui artikel info sehat kali ini saya menyarankan anda untuk mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan anda. Agar anda semangat untuk selalu mengonsumsinya silahkan baca terus manfaat dari buah yang satu ini :

1. Buah Alpukat Sebagai Pencegah Stroke
Buah alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi sekali. Kandungan folat bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi folat kemungkin terserang stroke akan lebih diminimalisir.

2. Buah Alpukat sebagai Sumber vitamin E
Di dalam Buah alpukat terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa vitamin E sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan juga dapat memelihara kesehatan secara keseluruhan. Di samping itu, kandungan vitamin E dalam buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Buah Alpukat sebagai Penyembuh Sakit Maag
Sedang terkena sakit maag ? Kalau tidak parah jangan beli obat dulu. Makan saja sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.

4. Buah Alpukat ada lemak nabati tinggi yang tak jenuh.
Lemak nabati pada buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah (LDL). Artinya buah ini dapat mencegah penyakit jantung, penyakit stroke, Kanker atau darah tinggi. Di samping itu, adanya lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan bakteri. Lemak tak jenuh pada alpukat juga tidak sulit dicerna tubuh sehingga bisa memberikan hasil maksimal pada tubuh.

5. Buah Alpukat Mengandung Zat besi dan tembaga
Di dalam buah alpukat terdapat zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat besar peranannya dalam membentuk sel darah merah. Maka makan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya anemia.

Biji Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh
Anda tentu sudah mengetahui buah alpukat (Persea Americana) yang berwarna hijau tua dan buah dagingnya berwarna hijau muda dan empuk. Namun apakah anda sudah mengetahui bahwa manfaat biji alpukat bagi kesehatan juga sangat baik, jadi bukan hanya daging buahnya yang lezat dan bermanfaat untuk kesehatan kita. Alpukat ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan mulai diperkenalkan di Indonesia sekitar abad ke 19 pada saat pemerintahan colonial Belanda. Nah di bawah ini adalah beberapa manfaat dari biji alpukat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan
Memang alpukat merupakan salah satu buah lezat yang memiliki rasa hambar, akan tetapi bukan hnaya daging buahnya yang bisa kita konsumsi, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk kesehatan dan berikut adalah beberapa dari manfaat yang bisa kita dapatkan :
  1. Dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.
  2. Sebagai obat sakit maag.
  3. Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) terutama diabetes melitus.
  4. Mampu menghilangkan stress akibat aktivitas yang padat.
  5. Sebagai obat sariawan.
  6. Mampu menghilangkan rasa nyeri
 
Di atas adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji alpukat. Untuk mengkonsumsinya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah dengan meminum rebusan dari biji alpukat.

Khasiat Biji Alpukat
Banyak sekali sebenarnya manfaat biji alpukat yang bisa kita dapatkan dan di atas adalah sebagian dari banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi biji dari buah alpukat. Namun bukan  hanya untuk kesehatan saja, ternyata biji alpukat ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna industry tekstil karena kualitas warna yang dihasilkan dari biji alpukat ini cukup baik dan tahan lama atau bisa dikatakan tidak mudah luntur.
 
  • Demikianlah info kesehatan pada kesempatan kali ini semoga bisa sedikit membantu permasalahan yang ada, silahkan tinggalkan berupa jejak commentarnya, trimakasih and Good luck..

SILAHKAN GUNAKAN FACEBOOK COMMENTARNYA JIKA TIDAK MEMILIKI URL BLOG ATAU SITUS LAINNYA SOB...?? TRIMAKASIH.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

Pengikut