Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Kata Pengantar Makalah

21 Agt 2012

Pada bagian awal makalah, pastilah akan kita temukan kata pengantar makalah. Kata pengantar ini memberikan sedikit gambaran singkat tentang makalah yang disajikan.
Kata pengantar makalah atau pun bentuk karya tulis yang lain merupakan sebuah istilah yang tentu sudah banyak didengar dan dibaca oleh sebagian besar orang yang sudah mengenyam dunia pendidikan. Namun, yang mengetahui pengertian kata pengantar tersebut tentulah tidak sebanyak yang mendengar atau membacanya.
Kata pengantar adalah semacam tulisan yang dibuat oleh pihak yang menulis sebuah karya tulis. Tulisan ini biasanya terdapat di bagian paling depan dari karya tulis tersebut. Kata pengantar juga mutlak ada dalam sebuah makalah karena makalah juga termasuk dalam salah satu jenis karya tulis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia makalah memiliki dua arti. Arti makalah yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Arti makalah yang kedua adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
Dengan kedua arti dari makalah tersebut maka patutlah jika dalam penulisan makalah membutuhkan dan mengharuskan adanya kata pengantar. Kata pengantar biasa terletak di bagian depan karya tulis yang dibuat.
Dalam sebuah makalah misalnya, kata pengantar makalah tersebut merupakan salah satu sesuatu sajian yang mungkin tidak akan dilewatkan oleh pembaca. Pembaca bisa sedikit mencuri start untuk mengetahui isi makalah atau buku melalui sebuah kata pengantar. Lantas, apakah sebenarnya kata pengantar itu?
Pengertian Kata Pengantar
Kata pengantar, baik itu dalam sebuah makalah, skripsi, buku, laporan, atau bentuk karya ilmiah lainnya merupakan sepatah dua patah kata dari si penulis yang hendak disampaikan kepada pembaca mengenai karyanya tersebut.
Secara umum kata pengantar biasanya berisi ucapan rasa syukur pada tuhan, ucapan terima kasih pada pihak-pihak terkait, harapan penulis, dan doa. Selanjutnya kita akan membahas secara khusus kata pengantar pengantar makalah yaitu kata pengantar yang ditulis dalam sebuah makalah.
Bagian pertama dari isi kata pengantar makalah adalah rasa syukur kepada Tuhan sehingga diberi kemudahan dalam penyelesaian penulisan makalah tersebut. Rasa syukur ini dituliskan di bagian awal dari kata pengantar untuk menunjukkan bahwa tanpa adanya bantuan dan petunjuk dari Tuhan maka makalah tersebut tak akan pernang rampung dari pengerjaannya. Juga sebagai bukti bahwa penulis benar-benar memahami bahwa kemudahannya dalam menulis dan menyelesaikan makalah yang ia buat semata karena bantuan dari Tuhannya.
Setelah pengucapan rasa syukur kepada Tuhan atas kelancaran dan selesainya penulisan makalah yang telah dibuat oleh penulis, bagian selanjutnya dari kata pengantar makalah adalah ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah tersebut.
Tak dapat kita pungkiri bahwa dalam menulis sebuah makalh tentunya seorang penulis membutuhkan bantuan dari orang lain. Bantuan ini dapat berupa banyak hal seperti referensi, saran, kritik atau bahkan hanya sekedar semangat dan motivasi.
Sebagai penghargaan terhadap mereka-mereka yang telah memberikan kontribusi kepada penulis sehingga dapat berhasil menyelesaikan makalahnya maka penulis mengucapakan rasa terima kasih ini dalam kata pengantar makalah yang telah ia susun.
Bagian selanjutnya dari kata pengantar makalah adalah pemaparan secara garis besar isi dari makalah yang telah dibuat. Bagian ini layaknya ulasan singkat tentang apa yang ditulis oleh penulis di dalam makalahnya. Penulisan ini dimungkinkan untuk menarik minat dan keinginan pembaca agar membaca lebih lanjut makalah yang telah dibuat ini.
Pada bagian ini juga bisa disisipkan tujuan penulis dalam membuat makalah. Apa yang diharapkan penulis dengan terselesaikannya makalah yang telah ia buat. Harapan ini berkaitan dengan tema yang ia ambil dalam makalahnya. Bukan harapan tentang kegunaan makalahnya bagi orang lain. Karena harapan tentang hal ini ditulis di bagian selanjutnya dari kata pengantar makalah.
Kata pengantar makalah diakhiri dengan sebuah harapan dan doa penulis tentang makalah yang ia buat. Harapan dan doa ini mengenai fungsi dari makalah yang ia harapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas. Tentu akan sangat membanggakan bagi seorang penulis jika hasil tulisannya dapat memberikan manfaat bagi orang lain.
Selain itu, makalah juga diakhiri dengan permintaan dari penulis jika dalam penulisan makalah tersebut ada pihak-pihak yang merasa tersakiti atau ada bagian dalam makalah yang tidak berkenan di hati pembacanya.
Selain permintaan maaf, kata pengantar juga dilengkapi dengan permohonan adanya pihak-pihak tertentu yang berkenan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun. Hal ini dimaksudkan agar penulis dapat membuat makalah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Demikianlah isi dari kata pengantar makalah. Format ini adalah format standar yang biasa di buat oleh penulis makalah dalam membuat kata pengantar makalah. Jika Anda ingin membuat kata pengantar makalah versi anda dengan format yang Anda inginkan maka hal itu bukanlah sebuah hal yang dilarang. Anda bisa melakukannya, membuat kata pengantar makalah versi Anda sendiri.
Cara Membuat Kata Pengantar
Cara membuat kata pengantar makalah ataupun kata pengantar untuk karya tulis yang lainnya sangatlah gampang, cukup mengerjakan beberapa langkah saja maka kata pengantar itu pun sudah jadi.
Perlu diingat bahwa kata pengantar akan diletakkan di bagian depan makalah yang dibuat. Oleh karena itu kata pengantar ini haruslah dibuat semenarik mungkin agar menarik minat dan keinginan pembaca untuk mau membaca keseluruhan dari makalah.
Biasanya makalah hanya terdiri dari kalimat-kalimat yang singkat saja. Kebanyakan dari kata pengantar hanya terdiri dari satu halaman saja. Namun tak menutup kemungkinan kata pengantar dibuat lebih dari satu halaman misalkan dibuat menjadi dua halaman. Yang terpenting janganlah membuat kata pengantar yag terlalu berbelit-belit sampai beberapa halaman. Hal ini akan membuat pembaca enggan untuk membacanya.
Cara pembuatan ini erat kaitannya dengan isi dari kata pengantar. Anda dapat membuat kata pengantar sesuai dengan bagian-bagian yang ada dalam kata pengantar.

 Langkah-langkah yang dimaksud tadi, di antaranya sebagai berikut.
1.  Awali dengan memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan Anda kesehatan sehingga bisa menyelesaikan karya tersebut dan pihak-pihak terkait yang telah membantu penulisan karya Anda.
2.  Lanjutkan dengan memberikan sedikit gambaran tentang karya yang telah Anda tulis. Gambaran singkat yang ditulis dalam kata pengantar dalam makalah ini berkaitan dengan tema yang diangkat dalam penulisan makalah. Pada bagian ini biasanya juga berisi tujuan penulisan makalah.
3.  Bagian selanjutnya dari kata pengantar dalam makalah adalah harapan dan doa penulis tentang makalah yang ia buat. Harapan tentang kegunaan makalahnya bagi orang lain. Doa agar makalah berguna bagi orang lain pula.
4.  Setelah itu, akhiri dengan pernyataan permintaan maaf jika ada kekurangan dalam karya Anda, harapan-harapan Anda pada pembaca, dan doa agar karya Anda bisa bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan ke khadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas berrkat dan rahmat-Nya, akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang baik secara langsung atau pun tidak langsung telah membantu proses penulisan makalah ini dari awal hingga akhir.
Masa remaja adalah masa di mana keingintahuan seseorang yang berada di usia remaja berada di atas segalanya. Rasa ingin tahu yang tinggi serta mencoba sesuatu yang baru bisa terjadi dan dialami remaja di masa ini. Begitu banyak hal yang bisa dilakukan remaja, mulai dari hal yang bersifat positif atau pun negatif. Oleh sebab itu, ilmu agama mejadi sangat perlu untuk ditanamkan di setiap jiwa remaja.
Secara garis besar, makalah ini akan membahas peranan ilmu agama sebagai alat kendali pergaulan dan kehidupan kaum remaja saat ini.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca, khususnya orangtua, dan remaja-remaja yang peduli akan masa depannya. Penulis ucapkan maaf jika makalah ini belumlah sempurna. penulis sadar, masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Sedikit Pengantar Penulis
Demikianlah sekelumit penjelasan tentang kata pengantar sebuah makalah. Dalam membuat makalah seperti halnya bentuk karya tulis yang lain, seorang penulis memang sebaiknya menulis kata pengantar. Kata pengantar makalah ini memberikan gambaran tentang perasaan yang dirasakan penulis setelah menyelesaikan makalahnya.

SILAHKAN GUNAKAN FACEBOOK COMMENTARNYA JIKA TIDAK MEMILIKI URL BLOG ATAU SITUS LAINNYA SOB...?? TRIMAKASIH.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

Pengikut