Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Semua Mata Pelajaran dan Sesuai Kepercayaan (Ajaran Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha)

20 Feb 2013


SEKOLAH DASAR (SD)/ MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
A. Pendidikan Agama Islam SD/MI
  1. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
  2. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
  3. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta  menghindari perilaku tercela
  4. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
  5. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

B. Pendidikan Agama Kristen SD

  1. Memahami kasih Allah melalui keberadaan dirinya
  2. Menanggapi kasih Allah dengan mengasihi orangtua, keluarga dan teman
  3. Beribadah kepada Tuhan sebagai ucapan syukur melalui doa dan membaca Alkitab
  4. Memelihara ciptaan Allah lainnya dalam hidup sehari-hari
  5. Standar Kompetensi Lulusan MAPEL SD-MI



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH MTs)
A. Pendidikan Agama Islam SMP/MTs

  1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
  2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
  3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
  4. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
  5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara

B. Pendidikan Agama Hindu SMP

  1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Asta Aiswarya, Awatara, Dewa dan Bhatara
  2. Memahami ajaran Sad Ripu, Sad Atatayi, Sapta Timira sebagai aspek diri yang harus dihindari
  3. Memahami latar belakang timbulnya Yadnya dan hakikatnya
  4. Memahami Weda sebagai kitab suci dan para Rsi penerima wahyu
  5. Memahami keberadaan orang suci agama Hindu
  6. Memahami hari-hari suci keagamaan dan hakikatnya
  7. Memahami ajaran kepemimpinan Hindu
  8. Memahami hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit
  9. Memahami Dharma Gita, sejarah masuknya agama Hindu ke Indonesia,  dan keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia


 
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
A. Pendidikan Agama Islam SMK/MAK

  1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
  3. Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
  4. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
  5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia

B. Pendidikan Agama Katolik SMK

  1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara  bertanggung jawab.
  2. Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
  3. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.
  4. Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia  dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup


SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB-A,B,D,E)
A. Pendidikan Agama Islam

  1. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
  2. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
  3. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta  menghindari perilaku tercela
  4. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
  5. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

B. Pendidikan Agama Buddha

  1. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk memahami dan meyakini agamanya serta menerapkannya dalam bertutur, berbuat dan berperilaku
  3. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
  4. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masing-masing aliran
  5. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
  6. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah
  7. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
  8. Memahami lambang-lambang agama Buddha
  9. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di SMP


Demikian dan trimakasih, semoga bisa membantu dan menambah ilmu pengetahuan untuk anda silahkan tinggalkan komentar keluh kesah mengenai makalah diatas, Good Luck..

SILAHKAN GUNAKAN FACEBOOK COMMENTARNYA JIKA TIDAK MEMILIKI URL BLOG ATAU SITUS LAINNYA SOB...?? TRIMAKASIH.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

Pengikut